NAVAL DISCUSS – MONOPOLI TOL LAUT

NAVAL DISCUSS – MONOPOLI TOL LAUT

  • Post author:
  • Post category:Berita

Tol Laut adalah konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo. Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara. Namun sangat disayangkan program ini tak lepas dari kecurangan yakni monopoli perdagangan.

Modus apa saja yang digunakan untuk melakukan praktek monopoli?

Wisnu Handoko selaku Direktur Lalu Lintas dan Angkatan Laut Kementrian Perhubungan mengatakan setidaknya ada 5 modus yang digunakan perusahaan swasta ketika melakukan monopoli tol laut

Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) mengungkap 5 modus monopoli tol laut yang dilakukan oleh perusahaan swasta. Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Wisnu Handoko mengatakan, ada beragam titik yang berpotensi melakukan monopoli mulai dari pengirim barang (shipper), consignee (penerima barang), forwarder, hingga tenaga kerja bongkar muat (TKBM). Modus pertama, dia mengatakan, titik yang berpotensi melakukan monopoli adalah shipper atau agen pengurusan (forwarder) yang menguasai pemesanan

Modus lainnya, forwarder yang sekaligus berperan sebagai consignee. Menurutnya, consignee bisa menggunakan jasa pengurusan yang dimiliki atau forwarder bisa memasok barang lebih banyak, sehingga harga tak kunjung turun. Ketiga, bila perusahaan pelayaran atau operator hanya melayani forwarder yang terbatas atau 1 hingga 3 forwarder saja. Sehingga, pesanan terhadap forwarder dari operator tersebut lebih tinggi. Tak hanya itu, modus lainnya adalah hanya ada 1 TKBM yang melayani 1 pelabuhan. Karena tidak ada kompetisi di pelabuhan tersebut, pengguna jasa pun tak memiliki pilihan lain, maka biaya yang dipatok akan lebih tinggi.

Selanjutnya, consignee yang menjual barang dengan harga yang lebih tinggi walaupun telah mendapatkan subsidi tol laut dari pemerintah. Menurutnya, consignee yang membeli barang dengan jumlah yang besar belum tentu menjual dengan harga yang lebih rendah daripada harga pasar.

Daerah mana saja yang terjadi praktek monopoli?

Pak Wisnu juga mengungkapkan monopoli terjadi di trayek tol laut pada daerah Timur, seperti Maluku dan Papua.

Secara rinci, Wisnu menyebutkan beberapa daerah seperti Namlea, Saumlaki, Dobo, hingga Wasior. Hal ini karena arus pengiriman barang ke Timur sangat padat. Distribusi barang pokok dan penting ke daerah Timur yang ramai diakibatkan pembangunan yang belum merata.

Lalu apa langkah pemerintah dalam mengatasi monopoli yang merugikan negara ini?

Kementerian Perhubungan akan menggandeng Gojek guna mempermudah proses pemesanan kontainer secara transparan, serta dapat membagi muatan secara adil kepada shipper yang ada di daerah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan (T3P) Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Wisnu Handoko mengatakan kerja sama antara Kemenhub dan Gojek itu dalam rangka digitalisasi pelayanan dengan menggunakan aplikasi berbasis digital (e-commerce).

Langkah kerja sama ini juga merupakan salah satu tindak lanjut dari adanya temuan praktik monopoli dalam program tol laut, sehingga tujuan tol laut untuk menurunkan harga barang di Indonesia timur sulit terealisasi.

finance.detik.com